Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 MANFAAT BLOG UNTUK BISNIS



Salah satu media yang bisa dimanfaatkan sebagai penunjang promosi bisnis anda adalah Blog.Banyak sekali contoh pebisnis sukses setelah melakukan optimasi blog miliknya sebagai sarana pengembangan.Hal tersebut tentu saja karena kemajuan teknologi dan tren masyarakat saat ini yang sering mencari informasi melalui mesin pencari.
Membangun blog yang sudah dioptimasi akan berdampak besar pada perkembangan bisnis anda.Tidak hanya yang bertransaksi melalui online,bisnis offline pun juga bisa merasakan dampak luar biasa.Jadi sudah saatnya anda memiliki blog untuk perkembangan bisnis yang sedang anda jalankan.

Kecenderungan masyarakat dalam mencari sebuah informasi melalui mesin pencari adalah sebuah peluang besar.Buatlah blog kemudian lakukan sebuah cara agar bisa menempati halaman pertama.
Karena semakin bagus peringkatnya akan mempengaruhi banyaknya pengunjung ke blog anda.

Baca Juga : Cara agar blog banyak pengunjung

Semakin banyak orang melihat,maka semakin besar persentase closing.Hal tersebut dikarenakan makin banyak yang mengetahui informasi atau ide yang anda tuangkan di dalamnya.

Manfaat Blog untuk Bisnis  

Banyak keuntungan yang bisa anda peroleh jika anda mau membangun sebuah blog.Hal tersebut mungkin tidak anda temukan ketika anda menggunakan cara lama dalam mengembangkan bisnis anda.
Jaman sudah berubah,saatnya melakukan inovasi baru agar tidak ketinggalan dengan kompetitor.

Kami merangkum 10 Manfaat Blog Untuk Bisnis berdasarkan kebutuhan internet marketing.

1. Penjelasan Lebih Detail


Memiliki blog sangat membantu anda dalam menyampaikan informasi tentang produk/jasa anda.Hal yang tidak bisa anda sampaikan secara detail di media sosial lainnya bisa anda tulis di blog.Misalnya gambar,deskripsi manfaat produk,bagaimana cara melakukan pemesanan,dan lainnya.Semuanya bisa anda tuangkan secara lengkap.
Selain itu anda juga bisa menyelipkan link terkait sehingga pengunjung bisa mengetahui informasi lainnya secara berkesinambungan.

2. Update Lebih Cepat

Blog sangat membantu ketika anda ingin memberikan update secara cepat kepada pelanggan.Seperti informasi perubahan harga beserta alasannya.Apalagi jika blog anda sudah memiliki pelanggan,maka hal ini sangat memudahkan anda menyampaikan informasi.Karena mereka akan menerima notifikasi melalui email bahwa anda sedang melakukan update postingan pada blog anda.

3. Penyebaran Informasi Singkat

Anda akan membutuhkan fitur ini ketika mitra bisnis atau pelanggan anda sudah mencapai ratusan hingga ribuan.Mungkin anda merasa bisa menghandle ketika satu atau dua orang menghubungi anda melalui chat.Menjelaskan kepada mitra bisnis tentang pertanyaan yang kebetulan poin nya sama.
Namun anda akan sangat kewalahan jika mitra bisnis / pelanggan anda sudah mencapai ribuan.
Dengan memanfaatkan blog maka anda bisa menyebarkan link dan biarkan mereka membaca informasi tersebut.Buatlah rangkuman yang mewakili pertanyaan mereka kemudian sertakan jawabannya sehingga mereka mendapatkan solusi.

4. Hemat Waktu

Satu artikel yang anda buat di blog anda bisa bertahan selama bertahun-tahun.Anda tinggal memberikan link kepada orang lain berdasarkan informasi yang dibutuhkan.Hal ini tentu saja sangat menghemat waktu anda,karena tidak perlu selalu update berita yang sama.
Apalagi jika artikel anda bisa berada di halaman pertama mesin pencari.Misalkan orang mengetik sebuah kata kunci tertentu di Google.Jika blog anda memiliki peringkat bagus maka orang akan melihat halaman berisi tentang informasi yang mereka butuhkan.

5. Hemat Biaya

Memanfaatkan blog sebagai media promosi bisnis anda tentu sangat hemat biaya.Karena anda bisa memanfaatkan platform gratis seperti blogger.
Bagi anda yang berminat membuat blog untuk keperluan bisnis dengan biaya gratis bisa baca artikel sebelumnya.
Baca Juga : Cara mudah membuat blog untuk bisnis

Informasi ini bisa menyebar secara cepat,karena menggunakan media internet.Jadi anda tidak harus pergi keluar kota atau ke luar negeri jika anda ingin memberikan sebuah informasi tentang produk/jasa anda.

6. Tampak Lebih Profesional

Seorang pebisnis di era sekarang akan terlihat lebih profesional jika memiliki website.Kalau anda memiliki budget lebih maka bisa membuat website/blog berbayar.Namun kalau memiliki budget pas-pasan maka bisa menggunakan platform gratisan.
Anda bisa menggunakan blog untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Jika anda ingin alamat website/blog anda lebih terlihat pro maka anda bisa membeli sebuah domain kemudian melakukan custom.
Dengan begitu mitra bisnis/pelanggan anda akan melihat anda sebagai pebisnis yang mengikuti perkembangan jaman.❤

7. Sarana Mengumpulkan Database

Ada yang bilang jika hal paling mahal dalam bisnis di era milenial ini adalah database.Apa itu database?
Adalah berisi mengenai data/informasi orang lain seperti Nama,dan kontak seperti HP/Email.
Dikatakan mahal adalah karena anda tidak perlu repot mencari orang baru.Tinggal menghubungi orang dengan data yang ada sebagai calon prospek.Selain itu orang yang ada di dalamnya biasanya sudah familiar dengan transaksi online sehingga bisa dikatakan calon konsumen tertarget.
Dengan memiliki blog anda bisa mengumpulkan database.Caranya dengan memasang widget newsletter.
Ketika orang tersebut mengisi form dengan emailnya maka otomatis akan berlangganan dengan anda.
Maka selanjutnya jika anda ingin mengirimkan email penawaran bisa dengan mudah melakukannya.Sekali kirim bisa ke ratusan kontak email,sertakan nomor Hp anda jika ingin mereka menghubungi secara pribadi.

8. Pembeli Mencari Anda

Salah satu manfaat blog untuk bisnis yang paling kami sukai adalah pengunjung atau calon pembeli menghubungi kami.Karena mereka sudah mendapatkan informasi tentang apa yang mereka cari melalui blog.
Tapi,syarat untuk bisa mendapatkannya adalah meningkatkan peringkat blog anda di halaman mesin pencari.
Ibaratkan toko,semakin banyak pengunjung maka akan semakin besar persentase dagangannya dibeli.
Untuk mendapatkan kunjungan yang tinggi caranya adalah melakukan optimasi agar blog terlihat dan dikunjungi banyak orang.

9. Kemungkinan Closing Mencapai 90%

Menurut pengalaman kami,orang yang menghubungi kami setelah mendapatkan informasi di blog akan melakukan pemesanan.Hal tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan mereka terhadap produk/jasa kami.
Jadi bisa dikatakan mereka yang mencari,kemudian menemukan blog kami.
Persentase closing sampai 90%,dan keuntungannya lagi mereka rata-rata sudah memahami apa yang ingin mereka order.
Sehingga tidak perlu lagi menjelaskan panjang-lebar.

10. Bisa untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Manfaat lainnya memiliki blog adalah anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.Caranya bisa dengan mendaftarkan blog anda untuk bermitra dengan menjadi publisher iklan Google.Yaitu mengikuti program Google Adsense.

Baca Juga : Mendapatkan uang 30 juta dari Blogspot
Anda bisa mendapat keuntungan ganda.Bisnis anda jalan,sekaligus bisa mendapatkan uang tambahan.
Syarat untuk mendapatkan hasil yang optimal adalah blog anda sudah memiliki tingkat kunjungan yang tinggi.
Banyak contoh blog sukses yang bisa menghasilkan uang hingga jutaan per bulan.
Siapa tahu nanti giliran anda?

Demikian 10 Manfaat blog untuk bisnis yang bisa anda dapatkan.Tentu saja tidak bisa anda mengharapkan hasil secara instan.Membutuhkan kesabaran dan dedikasi agar blog bekerja secara maksimal.


Posting Komentar untuk "10 MANFAAT BLOG UNTUK BISNIS"