Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Penipuan Model Baru

Perkembangan jaman rupanya juga membuat oknum tidak bertanggung jawab membuat bisnis penipuan model baru.Dengan modus yang terbilang cukup halus sehingga bagi para pemula tidak menyadari bahwa mereka sudah dimanfaatkan.Tentu tidak ada tujuan lain melainkan Uang.
Biasanya mereka membuat sebuah konsep baru dibungkus dengan metode yang belum pernah didengar oleh banyak orang.Namun bagi yang sudah paham tentu rumusnya sama yaitu mengumpulkan dana masyarakat dengan kegiatan rekruiting member baru.
Salah satu contoh paling mudah ditemukan di masyarakat adalah penawaran bisnis investasi.
Yang sebenarnya jika diamati sangat jauh dari konsep aman yang ditentukan oleh pihak Otoritas Jasa dan Keuangan (OJK).
Baca juga : Waspadai Investasi Bodong di Tahun 2019

Lalu apa saja bentuk penipuan bisnis terbaru yang patut diwaspadai?
Menurut pengamatan penulis ada beberapa jenis bisnis diduga terdapat unsur penipuan di dalamnya.

1 . Bisnis Investasi

Model bisnis ini tentu saja yang paling rentan dan mudah sekali memakan korban.Dengan iming-iming mendapatkan uang tanpa kerja sudah cukup membuat mereka yang baru paham bisnis akan kepanasan.Sehingga rela menyetorkan uang dalam jumlah besar.
Karena konsep bisnis penipuan berkedok investasi ini adalah makin besar uang yang anda masukkan ke dalam sistem maka makin besar keuntungan yang bisa anda peroleh.Tentu saja diembel-embeli meskipun tidak menjual,tidak merekrut,akan mendapatkan keuntungan.
Menurut pengalaman,model bisnis investasi ini tidak ada yang bertahan lama.Kisaran paling lama 2 tahun mampu menahan beban sistem.
Kenapa?
Alasannya karena dalam usahanya hanya mengandalkan perputaran uang.Artinya tidak ada kegiatan usaha Real untuk membayarkan royalti kepada para investor.
Padahal rumus bisnis yang lazim adalah MEREKRUT = MENJUAL.
Jadi,jika tidak ada member baru yang bergabung maka tidak akan ada omset masuk.
jika tidak ada omset perusahaan maka darimana perusahaan mampu membayar investor?
Lha kok bisa-bisanya bilang tanpa merekrut,tanpa menjual,bisa mendapatkan uang.

Baca juga : Cara Mengenali Investasi Bodong

Waspadalah,Sayangi uang anda.
Tips untuk investasi aman adalah salah satunya melihat profil perusahaan tersebut.Apakah sudah terdaftar di OJK atau belum?
Lihat kantor dan sistem pembagian hasilnya apakah masuk logika atau tidak?
Apakah ada kegiatan usaha real dari perusahaan tersebut untuk membayar para investor?

2. Money Game berkedok MLM

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan bisnis MLM di tanah air sangatlah pesat.Namun yang perlu diwaspadai adalah tentang kekuatan marketing plan bisnis tersebut.Apakah dipersiapkan untuk jangka panjang atau hanya sekedar hit and run.
Banyak dijumpai perusahaan MLM baru-baru ini yang belum legal namun masih beroperasi.
Jika belum keluar perijinan dari pemerintah seperti SIUPL maupun APLI.Maka silakan diperhatikan marketing plan nya terlebih dahulu.
Apakah bisnis tersebut hanya fokus pada menjual sistem atau pada kekuatan produk.
Jika keduanya tidak sinkron maka bisnis tidak akan booming.Namun jika bisnis MLM tersebut hanya fokus pada jualan sistem maka bisa dipastikan itu adalah Money Game berkedok MLM.
Misalkan saja biaya Join 200 ribu kemudian menjanjikan bonus besar misalkan bonus sponsor 75 ribu , bonus pasangan 25 ribu , dan bonus lainnya.Maka bisa dipastikan bisnis MLM tersebut hanya akan mengumpulkan uang anda kemudian bangkrut...hehe

Baca Juga :  Benarkah Eco Racing Penipuan

Kalau anda hanya pebisnis MLM Baru dan kerugian anda tanggung sendiri mungkin tidak begitu masalah.Namun jika anda adalah seorang leader yang mengajak banyak orang kemudian mereka merugi maka itu bisa menjadi beban moral.
Kerugian materi,dan beban mental tentu akan menghantui anda..hehe

Tips untuk memilih bisnis MLM yang baik adalah sebagai berikut:
  • Perusahaan memiliki perijinan yang lengkap seperti SIUPL,dan lebih bagus jika perusahaan tersebut tergabung di Asosiasi penjualan langsung seperti APLI maupun AP2LI.
  • Memiliki kantor milik sendiri / alamat jelas
  • Marketing plan kuat,jika perusahaan sudah lulus uji APLI misalkan maka sudah dipastikan Marketing plannya kuat.Karena sebelum mengajukan permohonan sebagai anggota oleh pihak APLI akan diuji terlebih dahulu.
  • Track record owner atau manajemen bagus
  • Pilihlah MLM yang tidak hanya jualan konsep akan tetapi juga kekuatan produk.Karena bagaimanapun akan mempengaruhi penjualan anda.Jika produk bagus maka anda akan mudah untuk memasarkan.
Itu adalah beberapa tips memilih bisnis MLM yang baik.


Sebenarnya masih banyak bentuk bisnis penipuan model baru.Karena kata orang dahulu pencuri akan lebih pintar daripada polisi..hehe.
Seiring perkembangan teknologi akan berkembang pula modus baru yang bertujuan untuk mengeruk uang korban.
Cara mengenalinya cukup lihat sistem atau marketing plannya,jika dirasa tidak masuk akal maka bisa anda hindari untuk bergabung dalam bisnis tersebut.

Demikian artikel bisnis penipuan model baru,semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Bisnis Penipuan Model Baru"